HQuarters Business Residence

7 Tips Design Ruang Kantor yang Fungsional dan Nyaman

7 Tips Design Ruang Kantor yang Fungsional dan Nyaman

Bagikan

Kamu sedang merencanakan untuk membuka kantor baru untuk perusahaan atau bisnis kamu? Itu berarti kamu perlu mempersiapkan design mana yang perlu kamu aplikasikan di kantor baru kamu nantinya. Agar kantor menjadi tempat kerja yang nyaman, kamu perlu mendesainnya dengan cermat, bukan hanya sekadar melihat dari estetika ruangan saja. Dengan memaksimalkan fungsi setiap elemen, kamu dapat menciptakan ruang kerja yang ideal dan produktif. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana tips design ruang kantor yang tidak hanya nyaman tapi juga fungsional.

1. Pilih Layout yang Sesuai

Layout ruangan kantor

2. Gunakan Furnitur yang Multifungsi dan Ergonomis

Selalu pastikan layout ruangan sudah sesuai dengan alur kerja setiap tim dan anggota yang akan menempati kantor nantinya. Area terbuka cocok bagi tim yang sering berkolaborasi dan berinteraksi satu sama lain. Namun, ruangan privat akan lebih dibutuhkan oleh pekerjaan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi.

Funitur yang tepat dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan sehingga berdampak pada produktivitas kerja. Bagi kamu yang mempunyai ruangan yang terbatas, furnitur yang multifungsi bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis furnitur ini akan menghemat ruang sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih legah.

3. Padukan Elemen Warna yang Seimbang

Pemilihan warna untuk kantor bisa menjadi identitas tersendiri bagi kantor perusahaan kamu. Kamu dapat menerapkan konsep 60/30/10 dengan menggunakan 60% warna utama, 30% warna sekunder, dan 10% warna aksen. Ada beberapa pilihan warna yang diyakini dapat meningkatkan produktivitas kerja seperti abu-abu, biru navy, biru teal, off-white, kuning, ungu, krem susu, dan hitam.

4. Optimalkan Sumber Pencahayaan

Kondisi pencahayaan di ruang kantor dapat mempengaruhi suasana dalam bekerja. Usahakan untuk memanfaatkan pencahayaan alami semaksimal mungkin dengan menempatkan meja kerja dekat dengan sumber cahaya. Untuk menghindari silau, gunakanlah tirai sehingga cahaya yang masuk dapat diatur intensitasnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengkombinasikan pencahayaan dari lampu untuk penggunaan di malam hari atau saat sumber cahaya alami tidak ada. Gunakan lampu LED yang hemat energi dengan cahaya putih yang hangat dan tidak menyebabkan silau yang berlebihan.

5. Sediakan Area Relaksasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi pekerjaan akan selalu menemui masa-masa yang menyebabkan stres dan bournout. Pertimbangkan untuk membuat space khusus untuk area relaksasi. 

Jika tidak memiliki space khusus untuk area relaksasi, pertimbangkan untuk memilih unit kantor yang sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung relaksasi oleh developer.

 HQuarters Business Residence merupakan gedung yang menyediakan unit kantor di Bandung yang dilengkapi dengan fasilitas seperti gym, sauna, kolam renang dan area terbuka yang bisa jadi pilihan rehat sejenak dari kejenuhan dalam bekerja.

6. Gunakan Penyimpanan Tersembunyi

Penyimpanan tersembunyi bisa menjadi pilihan yang efektif untuk membuat ruangan lebih rapi. Manfaatkan laci pada meja, rak dan organizer untuk digunakan sebagai lokasi penyimpanan dokumen atau perlengkapan kerja lainnya.

7. Berikan Sentuhan Dekoratif

Elemen dekoratif dapat memberikan sentuhan yang lebih variatif sekaligus menambah estetika ruangan. Karya seni dinding, tanaman kecil, atau akuarium bisa memberikan kesan dan suasana yang lebih hidup. 

Kesimpulan

Penentuan design ruang kantor akan berdampak pada experience pada suasana dan kenyamanan saat bekerja nantinya. Pastikan kamu memilih design yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan kantor kamu sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman. Pastikan kamu juga mempertimbangkan untuk memilih lokasi yang tepat untuk kantor kamu.

HQuarters Business Residence